Link-link Penting

Dinding Siswa

Pengunjung : 26.308.018

Hari ini 11.811
Bulan ini 334.376
IP anda 184.73.52.98
Tamu Online 12

Teraktif

Dinding Siswa

menulis slogan dan poster

Kalian tentu sering melihat slogan dan poster yang terpampang di berbagai tempat umum, misalnya pinggir jalan raya. Slogan dan poster merupakan salah satu bentuk penyampaian informasi yang memiliki ciri-ciri tersendiri dibandingkan dengan jenis penyampaian informasi lainnya. Agar sebuah slogan dan poster dapat meyakinkan pembacanya, slogan dan poster harus dibuat semenarik mungkin, baik secara isi maupun penampilan, dengan kreativitas kalian.
Hal yang membedakan antara slogan dengan poster adalah berikut.
1. Isi atau muatan slogan berupa penjelasan mengenai tujuan ideologi suatu organisasi, golongan, dan sebagainya.
2. Isi atau muatan poster dapat berupa imbauan, ajakan, protes, penawaran produk, upaya pendidikan, dan penyaluran aspirasi tertentu.
Slogan dan poster biasanya dituangkan dalam bentuk plakat, stiker, spanduk, baliho, dan sebagainya. Sebagai media informasi visual dan bersifat luar ruangan (outdoor), terutama poster, penggunaan format bahasa, bentuk tulisan, penyertaan gambar, dan komposisi warna akan sangat berpengaruh terhadap minat seseorang untuk membacanya.
Maka dari itu, pemasangan media tersebut biasanya dipilih tempat-tempat strategis yang mudah dilihat oleh khalayak umum.

Menulis Slogan dan Poster
Menyampaikan pesan dapat dilakukan dengan banyak cara. Ada pesan yang disampaikan secara langsung, ada pula yang menggunakan media tertentu. Media yang digunakan pun bermacam-macam.
Poster dan slogan merupakan salah satu sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan tertentu. Poster dan slogan biasanya dipilih oleh pihak tertentu, baik instansi, organisasi, maupun perusahaan karena dipandang lebih efektif. Lebih-lebih poster, selain bentuknya menarik, pemasangannya biasanya diletakkan di tempat-tempat umum sehingga mudah dibaca oleh khalayak ramai. Bagaimana cara membuat poster dan slogan yang efektif dan menarik? Pembelajaran ini akan melatihmu agar kamu memiliki keterampilan dalam membuat poster dan slogan.
1. Mengenali Karakteristik Slogan
Perhatikan contoh slogan berikut!
a. Setetes Darah Anda Berarti Nyawa bagi Orang Lain (slogan PMI)
b. Untuk Anda Kami Ada (slogan kantor pos)
c. Orang Bijak Taat Pajak (slogan pajak)

2. Menjelaskan Makna Slogan
Slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang menarik atau mencolok dan mudah diingat untuk memberitahukan sesuatu. Slogan biasanya digunakan sebagai propaganda. Hal ini terbukti karena slogan biasanya digunakan oleh suatu instansi untuk mempopulerkan jati dirinya. Di samping itu, slogan juga bertujuan untuk mempengaruhi para pembaca. Oleh karena itu, kekuatan kata harus diperhatikan benar-benar. Meskipun hanya beberapa kata, makna yang ingin diungkapkan amat luas dan dalam
3. Mengenali Karakteristik Poster
4. Memanfaatkan Kalimat Inversi dalam Menulis Poster
Poster merupakan plakat yang dipasang di pinggir jalan atau tempat umum. Poster harus dibuat secara menarik, baik gambar maupun tulisan. Untuk menghasilkan tulisan yang menarik, pembuat poster bisa memanfaatkan berbagai sarana bahasa, baik penggunaan kata yang unik, indah, juga variasi kalimat yang tepat. Kalimat inversi merupakan salah satu ragam kalimat yang bisa digunakan untuk menimbulkan daya tarik tersendiri. Kalimat inversi adalah kalimat yang disusun terbalik, yaitu posisi predikat mendahului subjeknya. Tujuan kalimat inversi dalam poster untuk menyangatkan atau menguatkan sebuah ajakan atau informasi.
Contoh:
a. Hadirilah, seminar sehari!
P S
c. Saksikanlah Festival Musik Pelajar di lapangan Pancasila!
P S

5. Poster Pengumuman dan Poster Iklan
Poster-poster yang biasa dipajang di tempat-tempat umum ternyata memiliki dua jenis, yaitu poster pengumuman/kegiatan dan poster iklan.




 

Pendapat