Link-link Penting

Dinding Siswa

Guru Piket Hari ini

  • Sri Rachyati
  • Siti Nuryanti, S.Pd.
  • Hj.Lilis Junaedah,S.Pd

Pengunjung : 27.894.695

Hari ini 4.371
Bulan ini 306.062
IP anda 54.196.195.158
Tamu Online 21

Teraktif

Dinding Siswa

Macam-macam Perangkat Lunak Pengolah Kata

 

Macam-macam Perangkat Lunak Pengolah Angka

 

1. StarOffice Calc

StarOffice Calc atau StarCalc adalah spreadsheet bagian dari paket perkantoran StarOffice yang sekarang dikenal dengan nama OpenOffice. Aplikasi ini dapat disetarakan dengan aplikasi spreadsheet komersial yang lain, bahkan dari hasil pengujian salah satu majalah di Jerman, program ini menduduki peringkat yang paling bagus untuk visualisasi dan paling lengkap untuk jenis fungsi perhitungan dan analisis, di antara empat macam paket aplikasi perkantoran yang diuji (MS Excel, Lotus 1-2-3, Quatro Pro dan StarCalc).

StarCalc menawarkan fungsi-fungsi lebih dari suatu spreadsheet standard, memberikan kemudahan untuk menganalisis bilangan, membuat daftar dan menangani konversi Euro dengan kemudahan dan ketepatan. Suatu skenario manager akan membantu menganalisis dan memfilter data menurut bermacam-macam faktor, dan beberapa fungsi tata letak lanjut yang memudahkan tugas menampilkan data. Untuk pekerjaan akhir, dapat membuat bagan 3-D dengan hanya mengklik beberapa kali mause. Dengan pelepasan StarOffice ke open source, menjadikan program ini semakin hari semakin baik. Program OpenOffice memiliki tipe lisensi GPL yang dapat didownload, diubah (source codenya) dan dicopy dengan bebas. Program ini dapat di download melalui situs http://www.openoffice.org/ atau http://www.sun.com/staroffice/

Kemampuan baru yang dimiliki oleh program ini (StarOffice Calc 5.2) meliputi:
  • Menggunakan teknologi pemakaian intuitif yang selalu berkembang (Improved IntuitiveUse) yang menawarkan tool dan fungsi yang diperlukan untuk pekerjakan yang sedang dilakukan, dengan mentidak-berlakukan semua operasi yang tidak diperlukan pada saat itu. Sebagai contoh, suatu pemilihan grafik akan tidak mengijinkan operasi sel. Pada menu dan toolbar, perintah yang aktif hanya yang berhubungan dengan perintah dari aktifitas yang sedang berlangsung.
  • Pilot data lanjut (Enhanced DataPilot): Sekarang sangat gampang menganalisis dan mengevaluasi data spreadsheet yang telah ada. Fitur ini memberikan pilihan secara cepat untuk memilih suatu sumber data termasuk pilihan layout lanjut.
  • Template baru dan file contoh, seperti file konverter pengukuran unversal (ConventionTable.sdc) yang dapat digunakan untuk mengkonversi pengukuran dan berat dari sistem metrik ke sistem pengukuran US atau British. Juga tersedia file template untuk mengelola stok (StarOffice Stocks Manager template) dan konverter nilai mata uang (CurrencyConverter.sdc) yang bisa diperbaharui baik secara manual maupun lewat internet.
  • Euro Converter AutoPilot baru yang dapat digunakan untuk mengkonversi suatu nilai mata uang yang dimasukkan ke dalam mata uang Euro.
  • Disempurnakan filter import dan export untuk dokumen MS Excel 97/2000, menyimpan spreadsheet kompleks yang berisi catatan sel, komentar, grafik, dan objek yang dilink (OLE) seperti pada file MS Excel 97/2000.

2. Gnumeric

Gnumeric merupakan bagian dari lingkunan desktop GNOME: suatu projek untuk membuat suatu lingkungan desktop yang gratis dan mudah digunakan. Sebagaimana komponen GNOME yang lain, Gnumeric juga merupakan software gratis (OpenSource) yang memiliki jenis lisensi dibawah terminologi GNU GPL. Gnumeric akan dapat mengimport file-file dari Excel, 1-2-3, Applix, SYLK, XBase dan Oleo. Gnumeric dikembangkan untuk menggantikan spreadsheet komersial yang ada pada saat ini. Spreadsheet ini dikembangkan dengan kompiler GNU C (gcc) dan user interface didesain dengan menggunakan desainer Glade GUI. Program ini dapat didownload melalu situs http://www.gnome.org/projects/gnumeric/

Kemampuan program ini meliputi:
  • 95% fungsi buit-in Excel serta 100% fungsi untuk engineering, melakukan perhitungan antar sel maupun antar lembar kerja, nama dapat didefinisikan oleh user (untuk rentang dan fungsi), fungsi array, dan menggambar bangun sederhana (garis, lingkaran dan kotak).
  • Autofill dan juga menebak isian secara automatis, melakukan parsing isian user menjadi angka dengan format yang diinginkan.
  • Tersedia alat bantu untuk analisis data seperti Anova, korelasi, kovarian, statistika desktriptif, F-Test untuk dua sampel, angka acak, sampling, dan z-Test untuk dua sampel.
  • Mencetak dengan header dan format, mengatur format seperti pada program Excel, meliputi angka (umum, angka, mata uang, akutansi, tanggal, waktu, persentase, pecahan, scientific, teks, khusus, pilihan sendiri), perataan, jenis huruf, border, warna latar belakang sel, proteksi sel.
  • Dapat mengimport dari format Excel, xml, html, csv, 1-2-3, GNU Oleo. Dapat mengeksport ke dalam format Comma Separated Values (csv), Data Interchange Format (dif), HTML baik versi 3.2 maupun 4.0, LATEX, LATEX2e, DVI (melalui groff), Troff (me), PDF (melalui groff/gs), plain text, dan Excel 95. Gnumerik menggunakan format Gnumeric-XML.

3. Siag

Siag merupakan singkatan dari Scheme In A Grid, suatu spreadsheet berbasis X-window di lingkungan Unix. Program ini menggunakan Scheme (suatu dialek Lisp) yang dua-duanya digunakan untuk membuat ekspresi dan sebagai bahasa ekstensi, yang memberikan kemudahan untuk membuat fungsi-fungsi baru. Tidak diperlukan pengetahuan tentang Scheme untuk menggunakan Siag, ekspresi dapat dimasukkan dalam sintaks spreadsheet tradisional seperti biasa. Program ini aslinya dibuat akibat kefrustrasian si pembuat (Ulric Eriksson) karena melihat kenyataan bahwa sebagian besar spreadsheet yang bagus tidak gratis di Linux. Program ini dapat didownload melalui http://siag.nu/siag/

Kemampuan program ini meliputi:
  • Mendukung database MySQL, mendukung pengambilan gambar layar untuk database Lago dan mendownload quota stok dari Yahoo.
  • Model referensi $A$1, yang tidak akan diperbaharui ketika sel dipindah, menyediakan contoh-contoh dari semua fungsi, menyediakan ratusan fungsi yang kompatibel dengan fungsi Excel yang semuanya terdokumentasi dalam acuan fungsi.
  • Pemuatan file ABS yang belum sempurna, menggambar grafik memanfaatkan program gnuplot.
  • Operator baru ** (pangkat) dan \ (hasil bagi), operasi bilangan kompleks dengan contoh bisa dilihat di file complex.siag, dan fungsi matriks dengan contoh bisa dilihat di file matrix.siag. Presisi bebas dari fungsi integer dan fungsi floating point
  • Dokumentasi baru yang secara otomatis dihasilkan dari sumber ketika lakukan kompilasi/instalasi dan interpreter "C" yang akan menerjemahkan ekspresi ke Scheme daripada mengevaluasi ekspresi itu sendiri.

Siag sudah mendukung beberapa format file, yaitu: Siag (format asli), Comma Separated Values (csv), Plain Text, Lotus 1-2-3, Postscript, HTML Tables, Scheme Code, Troff Tables, LATEX Tables, Excel (membutuhkan program xls2csv), dan PDF.

4. KSpread

KSpread merupakan aplikasi spreadsheet dari paket perkantoran KOffice di lingkungan dekstop KDE. Pembuatan KSpread sampai sekarang belum selesai. Namun begitu, program ini sudah bisa digunakan walaupun masih ada fungsi matematik khusus yang masih belum dimasukkan. Sampai sekarang KSpread menawarkan semua fungsi yang didukung oleh bahasa pemrograman Python. Program ini mendukung skripting yang saat ini bisa dikerjakan dengan bahasa Python, namun nantinya akan digantikan dengan KScript.

Saat ini KSpread memiliki suatu filter file sederhana untuk tabel yang dipisahkan oleh koma (csv). Program ini dapat didownload melalui situs http://www.koffice.org/kspread/

Kemampuan program ini:
  • Meskipun program ini masih dalam tahap pengembangan, namun fungsi spreadsheet standard sudah bisa digunakan, begitu juga dengan pemakaian fungsi-fungsi matematika dan statistika. Dengan tampilan jendela penyuntingan rumus yang dilengkapi alat bantu secara on-line, membuat program ini sangat mudah untuk digunakan.
  • Tersedia alat penyuntingan persamaan, jika ingin menambahkan suatu persamaan kompleks pada suatu sel tertentu.
  • Fasilitas Undo, mengurutkan berdasarkan baris ataupun kolom (belum disertai kondisi).
  • Tersedia ikon kalkulator, jika ingin menghitung angka-angka secara langsung.
  • Mengimport/membaca file dari format KSpread, Comma Separated Values (csv), dan MS Excel 97 (xlm, xll, xlc dan xls). Program ini bisa menyimpan data dalam format KSpread dan csv.

5. abs

abs merupakan suatu program spreadsheet yang berdiri sendiri yang dapat dijalankan pada sembarang platform Unix (Linux). Program ini memiliki bahasa makro AB Visual yang kompatibel dengan Microsoft Visual Basic. abs dapat bertukar data dengan Microsoft Excel melalui Visual Basic. Seluruh data, format, gambar, kontrol dan bagan (chart) dapat dieksport ke Microsoft Excel. Program ini didistribusikan dengan source code dibawah lisensi GPL. Program ini masih tetap dikembangkan, tetapi sudah cukup stabil untuk digunakan. Program ini dapat didownload melalui situs http://www.ping.be/bertin/abs.shtml


Tampilan GUI yang digunakan oleh abs serupa dengan program spreadsheet yang populer digunakan. Program ini dikembangkan dengan perangkat bantu Xaw, sehingga portabilitas antar platform Unix dapat terjaga.
 
Kemampuan program ini:
  • Menyediakan grafik XY, pie, dan batang. Chart ini juga dapat dieksport ke Excel.
  • Dapat menangai banyak dokumen sekaligus secara simultan. Paling tidak 20 dokumen dapat ditangani. Antar dokumen yang dibuka dapat dilakukan proses Copy, Cut dan Paste.
  • Format file yang digunakan oleh abs, adalah file teks (ASCII). Sehingga dapat dijalankan langsung pada editor makro Excel. Dengan menjalankan rutin 'main' maka seluruh pekerjaan di abs akan dibangun kembali dalam Excel. Untuk mengeksport dari Excel ke abs, tersedia makro sederhana yang akan menkonversi Excel ke file makro yang dapat dibaca oleh abs. abs dapat membaca file teks yang dibatasi dengan karakter pemisah berupa koma, titik koma, tabulasi, atau spasi.
  • Dapat mencetak beberapa sel atau seluruh lembaran kerja dan juga dapat disimpan dalam format fit, atau langsung dicetak pada printer postscript (dengan menggunakan program tambahan fif2dev).

6. xxl

xxl merupakan suatu spreasheet gratis berbasis grafis yang dikembangkan oleh Universitas Nice untuk platform Unix. xxl ditulis dengan bahasa pemrograman STk dan berbasiskan widget tkTable. Xxl didisain agar sederhana dan mudah digunakan. Tujuan dari xxl tidak selengkap spreadsheet komersial, sehingga fungsi yang kompleks yang sering ada pada spreadsheet komersial tidak disediakan, karena sering kali fungsi ini tidak pernah digunakan oleh pengguna pada umumnya. Versi terakhir program ini menyediakan fungsi-fungsi spreadsheet yang nyata untuk lembar kerja dari yang kecil hingga menengah. Model didefinisikan sama dengan spreadsheet yang ada saat ini.

xxl cukup stabil dan dapat digunakan sebagai landasan untuk spreadsheet generasi terbaru, yang sederhana dan memberikana jaminan dalam penggunaan yang aman. Program ini dapat didownload melalui situs http://www.esinsa.unice.fr/xxl.html

Kemampuan utama program ini adalah:
  • Acuan relatif dan absolut untuk sel dan rentang (range); fungsi aritmatika, statistika, logika, waktu dan string serta aritmatika tidak tentu (infinite).
  • Jumlah baris dan kolom yang tidak terbatas, multi-lembar kerja dimana jumlah lembar kerja yang tidak terbatas, menghapus/menyisipkan baris dan kolom, menghapus dan menyisipkan pada operasi pemindahan atau penyalinan baik antar sel maupun antar lembar kerja yang lain, serta memberi identifikasi lembar kerja (judul, pengarang, tanggal, ...).
  • Membuat deret, mengurutkan isi sel berdasarkan baris dan kolom, menyembunyikan atau menampilkan kembali baris dan kolom, operasi Undo dan membuat grafik menggunakan Blt (barchart, line)
  • Mencetak dan menampilkan data sebelum dicetak
  • Mengimport dari format csv, SYLK dan mengeksport ke format postscript, html, LATEX, csv dan SYLK

7. Microsoft Excel

Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS.  Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2007.

Kemampuan program ini adalah:

  • Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini.
  • Sel disusun dalam baris dan kolom, serta mengandung data atau formula dengan berisi referensi absolut atau referensi relatif terhadap sel lainnya.
  • Menawarkan penghitungan kembali terhadap sel-sel secara cerdas, di mana hanya sel yang berkaitan dengan sel tersebut saja yang akan diperbarui nilanya (di mana program-program spreadsheetlainnya akan menghitung ulang keseluruhan data atau menunggu perintah khusus dari pengguna).
  • Menyediakan fitur pengolahan grafik yang sangat baik.
  • Dapat merekam semua yang dilakukan oleh pengguna untuk menjadi macro, sehingga mampu melakukan automatisasi beberapa tugas.

Pendapat

Dinding Guru

Alumni 2013/2014, Melepas kalian akan terkenang selamanya....
by: Endang Mina,S.Pd.

Untuk Seluruh Siswa Alumni 2012/2013
by: Endang Mina,S.Pd.

Doaku.........Harapanku.......Harapan kita semua..!
by: Sry Suparni, S.Pd

Generasi Muda Harus Berjiwa Anti Korupsi
by: Hj.Anis Hariyati, S.Pd

Tiga Filter Test Setiap Kita Mendengar Sesuatu Tentang Orang Lain.
by: Hj.Anis Hariyati, S.Pd

Pythagoras
by: Ahmad Mustofa

Berbaik Sangka
by: Ahmad Mustofa

Javascript
by: Ahmad Mustofa

Percaya Diri
by: Ahmad Mustofa

Macam-macam Teori Belajar
by: Ahmad Mustofa

Klasifikasi Materi Pembelajaran
by: Ahmad Mustofa

Teori Humanistik
by: Ahmad Mustofa

Pemilihan Model Pembelajaran Sebagai Bentuk Implementasi Strategi Pembelajaran
by: Ahmad Mustofa

Tumbuhkan Motivasi Belajar
by: Ahmad Mustofa

Problem Based Learning (PBL)
by: Ahmad Mustofa